Diary Supercamp Program Tutorial MKDU PAI Universitas Pendidikan Indonesia 2011


SUPER CAMP, IT’S REPAIRING

oleh : Yuda Sukmana

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Assalamu’alaikum wr.wb

 

Melalui tulisan ini, saya panjatkan syukur  tak terhingga kepada Alloh SWT, Rab yang telah memberikan kesempaatan bombastis pada saya, untuk merasakan sebuah wisata rohani dan jasadi yang  subhanalloh dahsyat  luarbiasa, yang baru saja saya dapatkan  selama kurang lebih 6 hari dan 5 malam dalam sebuah kegiatan spektakuler penuh inspirasi, kegiatan yang menjadi ajang intropeksi, kegiatan yang membuat saya sadar akan kesalahan,kekurangan, kelemahan, kekeliruan diri dalam menjalani kehidupan yang fana ini, sehingga saya termotivasi untuk berusaha  ingin  mengubah semua itu menjadi lebih baik dengan hanya mengharap ridho illahi, yaitu Super camp PT 2011. Solawat beserta salam, mudah-mudahan selamanya tetap tercurahkan kepada orang  yang menjadi inspirator umat islam sedunia, orang yang sangat bijaksana, dan bergelar al-amin beliau tiada lain adalah Rosululloh Muhammad saw, tidak terlupakan pula keluarga, sahabat, tabi’in dan tabi’at, serta umat yang senantiasa setia terus berjuang dalam kemajuan dakwah islamiyah.

  


 

Foto: Pengurus dan Member PT MKDU PAI UPI 2011, Padaherang,Ciamis  

 

Didalam Frequently Asked Questions (FAQ) Super camp PT 2011 yang di fublish di dalam blog ketua umum porgaram tutorial, bahwa  super camp Program tutorial adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama satu pekan tepatnya 5 hari, bertempat di salahsatu pesantren yang ditentukan, dimana semua pengurus program tutorial Wajib hadir secara full selama kegiatan, didalamnya berisi pemberian materi, simulasi, games, tinjauan pendidikan pesantren, rapat kerja dan refreshing (funday). Kali ini kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussalikin Padaherang Ciamis dari tanggal 6 juli 2011 sampai 10 juli 2011 dalam jadwal, tapi kenyataannya kegiatan sampai 11 juli 2011 jika termasuk waktu pulang kembali.

 

Tangguh berkarakter ALLOHUAKBAR !!! Jargon yang  menggelgar di pekik semangatkan oleh para peserta Super camp PT 2011 di sela-sela rentetan kegiatan yang dilaksanakan. Terasa semangat  mengalir begitu dahsyatnya di sekujur tubuh ini, untuk terus mencicipi kegiatan Super camp pt 2011 yang spektakuler. Walau dengan waktu sesingkat itu untuk satu kegiatan mondok di pesantren, Banyak ilmu yang saya dapatkan,banyak inspirator yang mengispirasi, banyak pengalaman yang saya alami, banyak hikmah yang saya rasakan, banyak teman yang mengisi kekosongan, banyak pula makanan yang mengobati kelaparan “heheheh”, banyak dan banyak lagi hal positif lainnya yang ada dalam kegiatan ini. Baik dari awal hingga akhir, dari bumi siliwangi hingga ke bumi siliwangi,dari kegiatan satu hingga kegiatan lain, dari Bandung, Ciawi, Padaherang, Pangandaran, Ciamis, hingga ke Bandung lagi. Namun  dari sekian banyaknya itu, hal yang paling menoreh hati, membekas di benak pikiran, dan mudah mudahan terbawa sampai kematian adalah, saya sadari ada sesuatu yang harus di reparasi dari diri saya ini, mulai dari niat yang harus diluruskan kembali karena Alloh semata, sifat dan kebiasaan yang mencontoh rosul, paradigma yang benar menurut syariah, bahkan nasib yang harus lebih baik , yang rasa semua  jauh seperti itu. Alhamdulillah dengan kesadaran ini, menjadi motivasi bagi  saya untuk terus berusaha mereparasi diri hingga tercapai insan yang cerdas, ikhlas, istiqomah.

 

Kesan yang saya rasakan selama kegiatan berlangsung, yaitu munculnya kembali motivasi saya untuk menuntut ilmu di pondok pesantren, yang kurang lebih 4 tahun memudar sejak saya lulus dari Madrasah Tsanawiyah yang rencananya saya akan menuntut ilmu di pesantren, namun Alloh berkehendak lain mungkin ini yang terbaik, jadinya saya menuntut ilmu di sekolah menengah kejuruan, ya sudah lah “kok jadi curhat sih”, motivasi ini muncul ketika para ustadz menyampaikan materi yang subhanalloh dahsyat luar biasa, saya merasakan minimnya  ilmu agama yang saya miliki . Selain itu, ukhuwah antara satu sama lain semakin terkuatkan, dengan adanya mondok bareng selama kurang lebih sepekan ini, dari mulai berangkat bareng satu bus walau ada yang nyusul sebagian, makan plus berbagi makanan bareng, tidur bareng, mandi bareng, olah raga bareng, kajian bareng, diskusi bareng, baca al-quran bareng, solat bareng, dan bareng bareng yang lainnya, dahsyat pokoknya. Bukan hanya itu, amal ibadah harian kita pun bisa terjaga pelaksanaanya, baik yang wajib dan sunnah, karena kondisi lingkungan yang islami, mungkin karenaa kejar target dan ingin dapat smile juga “hehehehe, bercanda dikit”.

 

            Pesan kehidupan yang di dapat selama kegiatan berlangsung, sebenarnya banyak sekali pesan yang ada dalam seluruh rangkaian kegiatan namun yang paling “nyeredet kana hate” atau menyentuh hati adalah perkataan kiyai tentang sebuah hadits mengenai niat kita untuk menuntut ilmu yang kurang lebih seperti ini, celakalah kalaian jika kalian menuntut ilmu itu karena dunia, dunia disini seperti harta, jabatan, wanita, penghormatan manusia, dan sebagainya, tuntutlah ilmu itu hanya karena Alloh. Waw waw waw, sejenak langsung merenung diri ini ketika mendengan pernyataan seperti, “astagfirullohaladziim, ampuni hamba ya Alloh jika selama ini niat hambamu dalam melakukan sesuatu itu tidak murni ikhlas karenamu masih ada campur duniawi, maafkan hamba ya Alloh, maafkan hamba ….” Dahsyat itu pernyataan hingga saya termotivasi untuk mereparasi diri.

 

Kurang lebih, seperti itu yang saya alami dalam kegiatan Super camp PT 2011. Pokoknya , banyak pengalaman, banyak ilmu, banyak inspirasi, banyak motivasi, dan banyak lainnya deh. Harapan saya kedepan untuk Super camp PT 2011, hampir sama dengan apa yang di katakana oleh pihak penyelenggara dalam penutupan kegiatan Super camp PT 2011. Cari waktu yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan Super camp PT 2011, misalnya ketika para santrinya ada di pondok pesantren agar kita bisa membaur dengan mereka biar lebih merasakan hidup sebagai santri gitu, kedepankan unsur kemandirian selama kegiatan seperti masak nasi dengan lauknya oleh panitia dan peserta, cuci piring juga, selain tadi melatih kemandirian kita juga tidak merepotkan pihak pesantren. Usahakan pesantren yang menjadi tempat kegiatan, jauh dari fasilitas perkotaan seperti alf*mart, pasar, dan semacamnya. Biarlah makan ”sa aya aya wen”, yang penting halal dan baik. Selama kegiatan usahakan banyak melibatkan  pihak pesantren supaya mempererat tali ukhuwah diantara kita semua.

 

Diatas hanyalah sebagian kecil dari luapan kebahagiaan yang saya rasakan, karena sudah bisa mengalami kegiatan yang subhanlloh dahsyat luar biasa dan belum tentu orang lain mengalaminya. Sebenarnya banyak yang ingin saya utarakan dalam tulisan ini, karena waktu yang mepet mungkin sebentar lagi saya harus segera mengirimkannya melalu e-mail, juga jumlah kata yang di batasi, sehingga hanya sampai disini saya tuliskan securik kecil yang saya dapatkan dari kegiatan Super camp PT 2011. Ucapan terimakasih dan permohonan maaf saya sampaikan kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan Super camp PT 2011 khususnya pihak penyelenggara yang telah memfasilitasi kami, pihak panitia yang telah berjuang mengatur kegiatan Super camp PT 2011 ini, pihak pesantren meyambut kami dengan dahsyat termasuk kiyai, dewan guru, santri wa santriyah yang telah berbagi ilmu dengan kami, pihak dosen yang telah membimbing kami dan berbagi ilmu yang dimiliki, warga sekitar pesantren yang ikhlas berpartisipasi dalam kegiatan ini, toko bangunan di Padaherang yang telah meberikan saya dan rekan-rekan umar salikin kesempatan kerja selama kurang lebih satu jam, supir bus dan kondekturnya, tidak lupa sahabat-sahabat seperjuangan kalian orang-orang yang tangguh dan berkarakter, para inspirator dahsyat, para mujahid dakwah,para  insan   terpilih yang cerdas ikhlas serta  istiqomah,kalian para pengurus Program Tutorial PAI MKDU Universitas Pendidikan Indonesia. Akhir kata, jadikan pengalaman sebagai instruktor, jadikan sahabat sebagai inspirator, jadikan kekurangan sebagai motivator, jadikan semua sebagai semuator “hehehehe”. Yang benar datangnya dari Alloh, yang salah itu jelas dari kebodohan saya, ”saninteun buah saninteun, saninteun di parapatan, hapunteun abdi hapunteun, bilih aya kaleupatan”.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb  

Komentar

Posting Komentar

Silahkan cantumkan komentar anda mengenai Postingan 3ke4 ini

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten