EKSIS DI INTERNET, AJANG PROMOSI POTENSI WISATA NEGERI

Ketika banyak orang bertanya " hari gini gak tahu internet?", kemudian menjawabnya sendiri "apa kata dunia, gak gaul, ke laut aja, gak eksis, bla bla bla, dan sebagainya". Yah, sebuah pernyataan yang  wajar untuk diutarakan oleh seseorang di zaman teknologi informasi seperti ini. Apalagi untuk para penggila internet yang  kerjanya online setiap hari, setiap jam, menit, bahkan detik mungkin. Dari mulai hanya update status di social network, chatting dengan teman, browsing info info unik, baca berita terbaru di koran online, nonton tv and video online, sharing tips dan trick di forum online, baca komik online, cari tugas kuliah, nulis artikel di blog, sampai mencari penghasilan dari internet lewat toko online, dan banyak lagi. Ayo siapa banget ?, apakah kamu?, kamu?, kamu? , atau saya sendiri he he he. Namun disisi lain, pernyataan diatas jadi tidak wajar atau kurang tepat,  jika kita utarakan kepada orang yang jangan untuk mengenal internet untuk ada listrik dirumahnya juga tidak, bahkan untuk mendapatkan pendidikan dasar juga harus bersusah payah berjalan puluhan kilometer melewati belantara hutan, melawan derasnya aliran sungai di pagi-pagi buta, sampai menantang maut berjalan di atas jembatan rusak. Sungguh hebat bukan ?, perjuangan mereka untuk bisa menempuh pendidikan!. Kita sebut saja saudara kita yang ada di daerah daerah terpencil, daerah-daerah perbatasan, yang nasibnya kurang diperhatikan. Sewajarnya kita prihatin dengan kondisi yang terjadi di negeri yang kaya akan sumber daya, yang indah bak surganya dunia dengan keanekaragaman suku bangsa, budaya, bahasa, alam yang mempesona, bahkan ada satu dari tujuh keajaiban dunia ini. Kemudian, tidak cukup hanya prihatin saja tentunya. Sudah seharusnya sebagai anak bangsa, ayo! Bersama kita berkontribusi menjadikan Indonesia lebih baik lagi, sehingga tidak ada lagi isu internasional  tentang siswa Indonesia yang menantang maut nyebrang di jembatan rusak untuk bersekolah.

 


Apa yang bisa kita lakukan untuk menjadikan Indonesia ini lebih baik? Jawabannya, banyak! Dan mulailah dari hal-hal yang dianggap kecil dan sadar atau tidak bisa berdampak besar. Contohnya, kita semua punya blog atau website , punya juga accountdi social network atau di website terkenal, kalau yang belum punya buat dulu sana (ingat iklan). Nah! Ini merupakan sebuah peluang yang sangat luar biasa untuk tempat promosi, wah! Promosi apa tuh? Tentunya bukan promosi yang aneh-aneh. Kita ketahui, Indonesia itu kaya akan potensi wisatanya, dari mulai wisata alam, kuliner, budaya, dan banyak lagi. Itu dia yang kita promosikan di blog atau website kita, kemudian kita share di social network atau forum online, kemudian bisa dibaca oleh seluruh dunia lewat yang namanya internet. Waduh, targetnya seluruh dunia! Keren bin Hebat. Berarti promosinya harus bahasa internasional dong? Ya, learning by doing  aja. Adapun bentuk promosinya, bisa berupa artikel atau tulisan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia, kalau bisa lengkap dengan foto tempat, info lokasi, transfortasi, dan biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ketempat tersebut.

 

Dengan kita mempromosikan potensi wisata Indonesia yang ada di hampir setiap daerah termasuk daerah tertinggal atau terpencil melalui media internet baik dengan blog, social network, dan lain-lain, sehingga  bisa dibaca oleh seluruh dunia melalui internet. Maka, membuka peluang untuk menarik  turis-turis baik nasional ataupun internasional untuk berwisata ketempat yang kita promosikan itu. Dengan datangnya turis-turis tersebut secara langsung berdampak kepada perkembangan daerah dimana lokasi wisata berada, baik dari segi ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. contoh kongkritnya, ketika ada wisatawan membutuhkan seorang tour guide yang tahu akan seluk-beluk tempat wisata, maka putra daerah yang berhak dan  harus kreatif menyediakan jasa tersebut, disini ekonomi mulai berkembang. Kemudian, jika yang datang adalah wisatawan internasional maka dibutuhkan tour guide yang pasih berbicara bahasa internasional pula, disini juga pendidikan mulai berkembang. Akhirnya, dengan berkembangnya potensi wisata seperti di daerah terpencil atau tertinggal, mudah-mudahan menarik perhatian berbagai pihak, terutama pemerintah untuk mengadakan atau memperbaiki fasilitas infrastruktur daerah tersebut, sehingga tidak ada lagi jembatan rusak he he he.


Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang baru bagi para blogger yang  pernah berpartisipasi mempromosikan wisata Indonesia. Terbukti dengan adanya tulisan atau artikel berkaitan dengan wisata Indonesia di blog atau website mereka yang bisa kita temukan dengan bantuan mesin pencari di internet sekarang ini. Tapi sayangnya, hanya sebagian kecil blogger yang sudah berpartisipasi. Bayangkan saja, jika jumlah blog Indonesia yang mencapai sekitar 5 juta pada tahun 2011 (panduanbelajarblog.com,2011), dan semuanya berpartisipasi untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia. Sepertinya, akan  buaaanyak  postingberupa tulisan atau artikel tentang wisata Indonesia di dunia maya tuh!. Ini memberi kemudahan kepada orang untuk menemukan informasi wisata Indonesia, baik dengan menggunakan SEO (Search Egine Optimization) seperti si embah google ataupun yang lainnya. Apalagi kalau tulisan atau artikelnya kita share di social network seperti facebook dan twitter yang katanya Indonesia menempati posisi kedua dunia dengan 41,77 juta facebookers pada tahun 2011 (giewahyudi.com,2011), dan  menempati posisi kelima dunia dengan 19,5 juta pengguna twitter sebelum tahun 2012 (tempo.co,2012), yang kedepan diperkirakan akan terus meningkat. Wah!, akan semakin buaaanyakinformasi wisata Indonesia yang ada di internet.

 

Ngomong-nomong tentang eksis di internet nih!. Sesuai dengan prinsip hidup saya yaitu,  menjadi orang yang produktif berkarya memberi manfaat untuk semua orang baik itu dengan tenaga, pikiran, dan harta. Begitupula dengan aktifitas saya  di dunia maya , apapun yang saya lakukan baik itu blogging, sharing, chatting, browsing,  dan lain-lain, harus memberikan dampak positif atau manfaat  bagi kepentingan banyak orang  kalau bisa semua orang. Karena, “sebaik-bakinya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain”. So! Bagaimana dengan kamu?, kamu?, kamu?.

 

Tunggu apalagi!, ayo masuk ke account blog kamu,kemudian mulai posting baru, dan  tuliskan potensi-potensi wisata Indonesia yang  indah ini. Tidak usah bingung-bingung mau posting wisata daerah mana? Secara gitu Indonesia itu luas banget!,  mulai saja dari daerah sekitar kamu, karena setiap daerah bahkan setiap jengkal wilayah Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa!. Jangan lupa share di account facebook atau twitter. Akhirnya, manfaat untuk semua deh!. Amin!


 Sampai disini tulisan saya pada postingan kali ini, semoga dapat menjadi inspirasi untuk semua, terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Silahkan cantumkan komentar anda mengenai Postingan 3ke4 ini

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten