Ustadz Menjawab Buletin Al-Furqon Edisi 043 Februari 2012

Widih, lagi rajin nieh.... buat posting baru (hax hax hax), ok! langsung aja ini nih ada kutipan dari buletin Al-Furqon Edisi 043 Februari 2012, itu tuh buletinnya masjid kampus kebanggaan bersama Universitas Pendidikan Indonesia, cek cek cek ke TKP aje ni:



USTADZ MENJAWAB Bersama: Ust.Mad Ali




Pertanyaan:

   Bagaimana dengan sorang muslim yang bekerja kepada non muslim, seperti para pekerja bangunan yang membangun gereja atau tempat peribadatan lain, seorang pekerja kebersihan yang menjaga, membersihkan serta memelihara tempat peribadatan lain sedangkan ia muslim, seorang penjaga keamanan yang yang siang malam menjaga tempat peribadatan lain sedangkan masjid belum tentu ia jaga.




Jawaban:

   Seorang muslim ada dua kewajiban. Pertama, kewajiban yang berhubungan dengan habluminalloh, yaitu hubungan langsung dengan Alloh melalui ritual seperti shalat, saum, haji, zakat.

kedua, kewajiban hubungan dengan sesama manusia habluminannas, yang berkenaan dengan aspek muamalah ( interaksi dengan sesama manusia dan lingkungan hidupnya).

Mengenai habluminalloh, seorang muslim tidak boleh melakukan perbuatan syirik sehingga tidak boleh ikut-ikutan terhadap peribadatan ritual yang dilakukan oleh nonmuslim sesuai dengan keagamaannya tetapi yang berhubungan dengan muamalah (habluminannas), Alloh menyuruh seorang muslim untuk bergaul dengan seluruh umat manusia, berbuat baik kepada mereka dengan baik, jujur, adil, tanpa membeda-bedakan.

    Bekerja dengan non muslim bagaian dari aspek muamalah sama seperti aspek muamalah lainnya seperti jual beli, utang piutang, dan lain-lain. Hal itu tidak dibatasi oleh persoalan perbedaann agama sehingga kita boleh berjual beli, utang piutang, bertransaksi dengan non muslim seperti yang dilakukan oleh Rosululloh sering melakukan transaksi , jual beli, gadai-menggadai dengan orang Yahudi dan Nasrani. Oleh sebab itu, seorang muslim yang bekerja untuk mengamankan tempat peribadatan lain termasuk muamalah.



  ok! itu tadi sebuah kutipan dari buletin yang saya baca tadi ketika mau melakasanakan Ibadah Jum'at, 03 Februari 2012. semoga bermanfaat...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten