FILOSOFIS DAGANG CHINA

Bismillahirrohmaanirrohiim....

Handphone_chin

udah berapa minggu gak menyempatkan waktu untuk nulis di blog....

sekarang akhirnya bisa juga.. hex hex hex.

ok... kali ini saya akan membahas sedikit tentang filosofi dagang china, yang saya dapatkan dari salah satu dosen. entah itu benar atau hanya anekdot saja, tapi yang terpenting kita dapat mengambil hikmah di dalamnya.

oke filosofis dagang china ada dua yaitu: 


1. kalau suatu produk bisa di buat dengan murah meriah kenapa harus dibuat mahal?.


    Ayo siapa yang gak setuju dengan point diatas ?, faktanya barang-barang made in china banyak sekali beredar dipasaran khusunya pasaran Indonesia sekarang ini, dari mulai pesawat mainan anak-anak sampai pesawat beneran, dengan harga yang sangat murahhhhhhh mereka menjual produk-produknya dengan masal kemudian lihat barang-barang mereka laris di pasaran. 

example: kita ambil saja salah satu produk mereka yang sedang menjadi trand saat ini yaitu handphone murah meriah merek-merek china. ya bayangkan saja jika kita membeli handphone dengan merek non china semisal N***a dengan feature-feature tertentu  seharga Rp.1.000.000,00. Dengan feature-feature yang sama bahkan bisa lebih dari yang dimiliki oleh N***a seperti TV analog kemudian dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan 3 buah handphone merek-merek china. wow. wow. wow..... pantas saja pasaran handphone indonesia sekarang banyak di kuasai china, toh orang indonesia  kebanyakan pengen yang murah karena kantongnya yang mungkin tipis. hex hex hex


2. kalau suatu produk bisa dibuat cepat rusak kenapa harus di buat awet?

 

    Nah berbicara awet atau tidak, berarti berhubungan dengan kualitas. masih berkaitan dengan point pertama tadi, agar produk mereka bisa murah  maka digunakanlah bahan-bahan dengan kualitas rendah. sehingga tidak jarang semisal handphone china baru 1 tahun udah rusak. berbeda dengan merek-merek buatan eropa atau amerika yang sengaja dibuat tahan lama karena mengedepankan kualitas.

betul kualitas itu no.1 tapi kalau misalkan handphone awet sampai satu dekade waduh jadul banget tuh handphone, secara perkembangan teknologi khususnya electronic and computer saat ini begitu pesat, setiap hari mungking ada teknologi baru yang ditemukan atau dikembangkan. 

itu benarnya filosofis yang satu ini, sengaja dibuat cepat rusak agar kita bisa beli hanphone baru untuk  menikmati teknologi-teknologi terbarunya.


ok. dapat disimpulkan ada beberapa dampak yang ditimbulkan oleh filosofis atau pernyataan atau anekdot diatas diantaranya:

 


  • dampak positifnya kita dapat memiliki produk atau handphone dengan banyak feature canggih namun dengan harga murah.

  • dampak negatifnya masyarakat indonesia jadi boros dan konsumtif. 


nah itu tadi filosofis dagang orang china kata dosen saya....  hex hex hex

 

 

Komentar

Posting Komentar

Silahkan cantumkan komentar anda mengenai Postingan 3ke4 ini

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten