Belajar Renang Memang Mudah

Bismillahirrohmaanirrohiim...


Beberapa bulan terakhir saya rutin melakukan kegiatan yang satu ini, yap ! apalagi kalau bukan renang, kegiatan yang satu ini menjadi hobi favorit saya, karena hampir setiap minggu tepatnya setiap hari jum'at pagi pukul 07.30 s/d 10.00 WIB rutin melakukannya di kolam renang kampus, ayo ditunggu yang mau renang bareng!!!. hex hex hex...


Kolam UPI


Tapi, walaupun sudah berbulan-bulan saya rutin renang, ternyata baru 3 minggu terakhir mulai bisanya,  karena pada awalnya saya sama sekali tidak bisa renang, malahan memiliki pengalaman buruk dengan olahraga air satu ini yaitu tenggelam didepan puluhan teman-teman saat masa-masa smk tepatnya ketika mata pelajaran olahraga renang semester 1 atau 2 ( lupa lagi) 5 tahun lalu, sehingga trauma dan malu. Walaupun saat itu bukan 3ke4 saja yang tidak bisa renang, ada juga teman yang tidak bisa (mereka tak sampai tenggelam), tapi saya merasa yang tenggelamnya paling mem*lukan adalah saya sendiri ( didukung kuat dengan tertawaan dan ejekan teman-teman setelah tenggelamnya selesai bahkan berlanjut hingga di kelas, dan kosan,  sampai-sampai terngiang-ngiang hingga saat ini). lebay kali kau....hex hex hex


Saat mulai masuk kampus, saya juga dihadapkan dengan mata kuliah olahraga yang di dalamnya ada olahraga renang sempet grogi juga, tapi saya jujur aja bilang gak bisa dan minta diajarin. lulus mata kuliah olahraga ternyata saya masih belum bisa, wajar saja dari 16 pertemuan hanya 1 atau 2 ( lupa lagi) pertemuan yang digunakan untuk berenang.


Walaupun belum bisa , ternyata saya diam-diam tertarik untuk belajar ( lebih tepatnya termotivasi karena kejadian memalukan mungkin), sehingga di waktu libur saya sesekali menyempatkan untuk belajar renang bersama teman-teman yang sudah bisa, namun saat itu saya tidak serutin saat ini melakukannya, sehingga tak ada perkembangan memuaskan dari kemampuan saya.


Entah pertengahan November atau awal Oktober tahun lalu saat semester 5 sedang berjalan, saya mulai mencoba kembali olahraga ini, seperti biasa didampingi dengan teman-teman yang selalu memberi motivasi dan dukunga agar saya bisa renang. Bedanya kali ini saya bertekad kuat untuk menjadikan kegiatan  renang itu rutinitas dan salah satu kegiatan olahraga bareng setiap satu minggu sekali. Sebenarnya sih karena takut tenggelam dan tidak ada orang yang menolong, hex hex hex. satu kali, dua kali, tidak terlihat perkembangan begitu signifikan, perlahan-lahan tapi pasti teknik-teknik dasar seperti submerging, floating and gliding, kicking, arm movement, breathing, bahasanya sok banget ya!... satu persatu teknik-teknik itu mulai dikuasai walau tidak sekelas atlet (mungkin kelasnya newbie), butuh waktu sekitar 10 kali latihan untuk saya menguasai dan  memadukan teknik-teknik dasar diatas menjadi sebuah gaya renang yang sesungguhnya (cukup lama juga ya), mungkin karena  otodidak belajarnya, walaupun bareng sama teman yang sudah bisa, mereka hanya membiarkan 3ke4 latihan sendiri dan mereka mengawasi agar tidak sampai tenggelam.


Sebenarnya saya tahu nama teknik-teknik dasar itu adalah hasil  dari mencari referensi di internet seperti artikel yang membahas teknik-teknik renang, video -video tutorial dari youtube, dan lain sebagainya.


Nah berdasarkan pengalaman  saya dapat dijelaskan menurut versi 3ke4, teknik-teknik dasar yang tadi disebutkan sebagai berikut : ( lengkap juga nih link video tutorial dari youtube)




  1. Submerging (perendaman) : Bagaimana mau berenang kalau kita takut masuk ke dalam air, dengan teknik ini kita berlatih merendam seluruh tubuh dari kaki sampai kepala untuk masuk kedalam air, biasanya latihan ini dilakukan dengan permainan mengambil koin atau benda yang di cemplungkan kedalam air. lihat video

  2. Floating and Gliding (melayang dan meluncur) : Sudah berani nyemplungnya, lanjut  teknik satu ini bisa kita lakukan dengan merentangkan tangan dan kaki didalam air secara telungkup tahan nafas dengan sendirinya tubuh kita melayang (lakukan agak ditengah-tengah yah), kemudian coba kepinggir kolam deh biasanya ada pijakkan kakinya ambil posisi setengah jongkok, satu telapak kaki menempel kedinding kolam, lengan menjulur kedepan, telapak tangan disatukan meruncing, muka menghadap dasar kolam, kemudian seurrrrrrrr, kaki yang menempel kedinding kolam mendorong untuk lelpas landas kaya kapal terbang hex hex hex.. lihat video

  3. Kicking (Menendang ) : pada dasarnya ketika kita sudah bisa gliding (meluncur) tinggal kita gerakkan kaki kita menendang kebelakang untuk mendorong tubuh kita kedepan. lihat video

  4. Arm Movement (Pergerakan Lengan) : nah teman-teman setelah kaki kita bisa menendang dan mampu mendorong tubuh kita didalam air, jangan lupakan fungsi lengan karena renang ini melibatkan seluruh anggota tubuh, lengan menjadi alat pengayuh (pendorong) tubuh kita, caranya langsung aja lihat video

  5. Breathing (Pernafasan) : menurut pengalaman saya yang satu ini merupakan teknik yang sulit diantara yang lainnya, yaitu mengatur pernafasan kita saat berenang, caranya kita tarik nafas lewat mulut kemudian keluarkan lewat hidung secara perlahan. lihat video


Setelah semua teknik dasar dikuasai, langkah selanjutnya adalah menyeiramakan seluruh teknik tadi menjadi sebuah gaya renang, apa itu gaya kupu-kupu, gaya katak, gaya lumba-lumba, gaya batu hex hex hex, dll.


Sampai disini bagaimana sudah bisa renang kan, wah baru baca doang yah sory sory. kalau mau bisa jangan baca doang coy, tapi  actionnya dong.


Sekarang kesimpulannya,untuk belajar renang itu mudah yang penting ada kemauan, rutin dilakukan, cari teman (bisa pelatih), tidak mudah menyerah, jangan malu bertanya ( ke mbah google atau ke para master), dan yang tidak kalah penting adalah berenanglah pada tempatnya, jangan berenang di bak mandi apalagi di comberan. hex hex hex..


Semoga Manfaat Friend....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten