Over Heating pada Laptop

Laptop/Notebook anda demam, batuk ,filek dan sebagainya.. Segera dong kasih  obat atau di bawa ke klinik laptop terdekat hex hex hex... biar cepat sembuh.


Oke untuk kamu yang mau berhemat biaya pengobatan, kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai laptop yang demam tinggi (over heating) dan bagaimana cara mengatasinya, simak baik-baik nih......


Menurut departemen percenahan penyebab terjadinya over heating  pada laptop biasanya (kebanyakkan) disebabkan oleh prosesor yang panasnya membludak alias berlebihan, penyebabnya sangat banyak diantaranya bisa dari sisi software ( oleh program / virus yang membebani kerja prosesor secara berlebihan sehingga prosesor jadi over heating )  juga  dari sisi hardware yang disebabkan oleh kurang stabilnya jala-jala listrik PLN di tempat kita menggunakan laptop, ataupun karena tersumbatnya bagian sirkulasi udara yang menjadi jalan keluarnya udara panas dari  prosesor oleh debu-debu yang menumpuk didalamnya, bahkan bisa juga disebabkan karena keringnya thermal pasta pada prosesor (biasanya terjadi pada laptop yang sudah berumur).


Dari beberapa penyebab yang disebutkan diatas, kal ini saya hanya akan membahas  cara mengatasi over heating pada laptop karena tersumbatnya sirkulasi udara oleh debu-debu yang menumpuk dibagian sirkulasi udara prosesor dan karena keringnya thermal pasta.


Kok bisa yah debu-debu menumpuk di tempat tersebut?, ya bisa lah soalnya ketika mengguanakan laptop sadar atau tidak, laptop kita memperkejakan sang blower (kipas) untuk menyedot udara dari luar yang digunakan untuk mendinginkan bagian heat sink prosesor (biasanya dari arah bawah laptop), nah pas si kipas nyedot udara segar, secara otomatis debu atau kotoran halus yang ada disekitar ikut tersedot juga kedalam laptop. Apa lagi kalau kita menggunakan laptop ditempat berdebu seperti kosan yang jarang disapu, diatas kasur, dan tempa-tempat lain sejenis, pasti banyak tuh debu yang menumpuk. Ketika udara dikeluarkan melalui bagian heat sink yang mirip dengan sirip-sirip (biasanya terletak dibagian samping laptop dan suka keluar udara panas kalau coba diraba) si debu/kotoran  tersangkut deh dibagian sirip-sirip tersebut. Biasanya laptop berumur 1 tahun harus coba di bersihkan dari debu-debu ini karena semakin lama  bisa menutupi sirip-sirip dan akhirnya menganggu sistem sirkulasi udara sehingga prosesor over heating karena tidak sempurnanya sistem pendinginan udara yang ada pada laptop kita. Berikut cara mengatasinya:


IMG00229




  •  Cara paling mudah adalah dengan menggunakan penyedot debu khusus, kita bisa menyedotnya lewat bagian sirip heat sink yang jelas terlihat dari luar laptop (namun kurang optimal)

  •  Cara lain dan lumayan membutuhkan keberanian, sedikit keahlian, dan ketelitian, adalah sebagai berikut:



  1. Pastikan laptop kamu udah habis masa garansinya, kalau masih ada mendingan suruh service center aja yang lakukan ini.

  2. Kita akan membongkar juga memasang kembali laptop kita, dari mulai melepas baut-baut, menyopot ram, hardisk, keyboard, wireless, mainboard dari chasis atau casing laptop. Ada beberapa vendor laptop yang memberikan kemudahan kita untuk membersihkan bagian ini dengan hanya membuka penutup dibagian bawah laptop tanpa membongkar-bongkar bagian lain.

  3. Jika sudah berhasil membongkar temukan bagian sirip sirip heat sink , biasa berdekatan dengan kipas dan menempel pada mainboard tepatnya prosesor, kalau sudah coba bersihkan sampai kumpulan kotoran yang menumpuk hilang tak berbekas.

  4. Agar lebih optimal ganti juga thermal pasta pada prosesor, thermal pasta itu berfungsi untuk menghantar panas pada prosesor kepada bagian heat sink lebih maksimal, bisa kita dapatkan di toko komputer atau sejenis.

  5. Untuk lebih jelasnya lihat deh tayangan berikut ini


Nah ini nih hasil bongkar-pasang laptop saya:


IMG00228oke sampai disini postingan kali ini mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan istilah ataupun lainnya.... thank’s

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)

Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten