Review Suara.com : Kinerja, Tampilan, dan Konten

Sebagai generasi yang hidup di era teknologi informasi, kita sangat dimudahkan dalam hal mengakses berbagai macam informasi dari seluruh penjuru dunia melalui perantara teknologi yang dinamakan internet. Internet telah mengubah gaya hidup kita, salah satunya adalalah cara kita dalam mendapatkan informasi. Jika dulu kita sering baca koran, sekarang kita lebih sering buka web portal berita untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Betul tidak?.



Ngomong-ngomong tentang portal berita, pada postingan kali ini saya akan coba mereview salah satu web portal berita yang ada di Indonesia, sebut saja suara.com. Memang kemunculannya masih tergolong baru. Walaupun begitu, web ini sudah mampu menduduki posisi ke-75 dalam jajaran web populer di Indonesia menurut versi alexa.com per tanggal 30 Mei 2014 pukul 17.00 WIB. Menurut saya, menempati posisi ke-75 di alexa.com tidaklah mudah, apalagi ditengah persaingan yang begitu ketat antara web-web penyedia konten berita. Dari sini saya melihat, adanya kesungguhan dari tim redaksi suara.com untuk menyajikan informasi yang berkualitas sehingga mampu menarik minat pengguna internet Indonesia untuk mengunjungi suara.com demi mendapat informasi tersebut. Kedepan tidak menutup kemungkinan jika suara.com akan mampu menempati posisi 20 besar atau mungkin 10 besar web populer di Indonesia versi alexa.com jika mereka berkomitmen untuk tetap menyajikan informasi yang berkualitas. Inilah yang membuat saya tertarik dan penasaran untuk mereview web portal berita satu ini.

Dalam mereview suara.com, saya akan melihat dari tiga aspek yaitu kinerja, tampilan, dan konten.

1. Kinerja

Berbicara kinerja (performence) dari sebuah web adalah berkaitan dengan seberapa cepat web tersebut dapat dimuat dalam browser pengguna. Sederhana saja ketika sebuah web susah atau lama untuk dimuat, maka pengguna akan lebih memilih menutup atau meninggalkan web tersebut dan beralih ke web serupa yang lebih mudah atau cepat untuk dimuat. Jadi, kinerja dari sebuah web sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengakses web tersebut. Untuk kasus suara.com, saya akan menggunakan sebuah alat (tools) dari Google yaitu PageSpeed Insights. Tools ini dapat kita gunakan untuk menganalisis kinerja dari sebuah web, serta bagaimana cara meningkatkan kinerja dari web tersebut. Berikut hasil analisis PageSpeed Insights untuk suara.com.

Secara lengkap hasil analisis PageSpeed Insights untuk suara.com dapat dilihat pada tautan ini. Untuk web versi selular (mobile) mendapat skor 60, dan web versi desktop mendapat skor 56. Dari hasil analisis tersebut, dapat dikatakan bahwa kecepatan muat dari suara.com masih kurang cepat dan membutuhkan pengoptimalan. Begitupula yang saya rasakan sendiri saat akan memuat halaman suara.com baik itu dari browser mobile ataupun browser desktop, terutama dari browser mobile halaman suara.com terasa lama untuk dimuat. Walaupun sebenarnya bisa saja hal tersebut disebabkan oleh kecepatan internet yang saya miliki, tetap saja saya sarankan untuk mengoptimalkan kinerja suara.com dengan menerapkan tips atau saran dari Google PageSpeed Insights yang dapat dilihat secara lengkap pada tautan ini.
Saya sertakan juga screenshoot hasil analisis kecepatan dari alexa.com dan gtmetrix.com untuk suara.com.

Secara lengkap hasil analisis alexa.com dapat dilihat pada tautan ini.

Secara lengkap hasil analsisi gtmetrix.com dapat dilihat pada tautan ini.

2. Tampilan

Tampilan sebuah web memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman pengguna terbaik. Saat seseorang berkunjung kemudian merasa nyaman dan betah berada dalam sebuah web, ini dapat menjadi indikasi awal mengenai tampilan sebuah web yang baik. Pemilihan warna yang tepat, sehingga web enak dipandang dan tidak membuat mata cepat lelah, kemudahan navigasi, layout yang rapih, tipografi yang pas dan mudah dibaca, adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat tampilan sebuah web. Selain itu, ketersediaan tampilan web khusus untuk perangkat mobile menjadi sangat penting ditengah trennya penggunaan telepon pintar (smartphone) saat ini. Untuk tampilan dari suara.com, saya akan mereviewnya mulai dari layout (tata letak), warna, menu / navigasi, dan tipografi.

a. Layout (tata letak)

Secara garis besar suara.com memiliki dua tipe layout, yaitu untuk tampilan desktop dan mobile. 

Untuk layout desktop : 


Saat suara.com kita muat dalam browser desktop, layout halaman suara.com sangat rapih. Penggunaan tata letak tetap (fixed layout) dengan lebar sekitar 990px sangatlah tepat. Ditengah bermacam-macamnya tipe dan ukuran layar desktop yang ada saat ini, halaman suara.com akan tetap tampil secara utuh dalam area pandang layar (screen). Adapun untuk penggunaan kolom pada halaman suara.com, saya melihat terdapat dua kolom utama yaitu konten disebelah kiri dengan lebar sekitar 667px dan sidebar disebelah kanan dengan lebar sekitar 300px. Saya sangat suka dengan penggunaan kolom seperti ini, membuat mata nyaman saat melihatnya. Namun saat saya melihat bagian header, item yang ada pada bagian kanan dan kiri tidak seimbang tepatnya pada area yang sejajar dengan form pencarian dan tombol jejaring sosial. Untuk lebih detailnya bisa lihat gambar dibawah ini.


Saya menyarankan jika di area tersebut diisi dengan item headline news atau semacam judul dan link berita-berita terbaru yang diambil dari rss feed. 

Untuk layout mobile : 


Layout halaman suara.com dalam browser mobile juga sangat rapih. Berbeda dengan tata letak untuk tampilan desktop, tampilan mobile menggunakan tata letak responsif dengan lebar penuh (full width 100%) dan hanya memiliki satu kolom. Lebar halaman suara.com akan menyesuaikan dengan lebar layar (screen) dari perangkat mobile yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, bahwa perangkat mobile yang ada saat ini memiliki ukuran layar yang bervariasi. Jadi, penggunaan layout tipe ini sangatlah tepat.

b. Warna

Setiap web biasanya memiliki warna yang menjadi identitas. Pemilihan warna yang tepat dapat mempengaruhi mood pengunjung agar betah beralama-lama berkunjung di halaman web. Enak dilihat, membuat mata tidak cepat lelah, menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna. Untuk suara.com, warna pada tampilan desktop dan mobile sedikit berbeda. Pada tampilan mobile warna merah sangat dominan dibagian header dan menu. Sedangkan pada tampilan desktop warna merah juga dominan dibagian header tetapi tidak dibagian menu dan saat halaman utama kita scroll kebawah sampai ke footer terlihat kolaborasi berbagai warna yang indah, disini saya melihat bahwa suara.com ingin memberi identitas pada setiap kanal berita dengan warna yang berbeda. Selain itu, warna putih pun dipilih sebagai background. Background putih membuat mata nyaman untuk melihat konten tulisan dengan warna hitam. Secara keseluruhan, saya merasa nyaman dengan pemilihan warna suara.com baik itu ditampilan mobile ataupun desktop.


c. Menu / Navigasi 

Suara.com memiliki menu pada tampilan desktop dan mobile yang berbeda.

Untuk menu pada tampilan desktop: 


Salah satu fitur yang sangat saya suka dari suara.com adalah menu utama pada tampilan desktop ini, menu utama berisi kanal-kanal berita suara.com. Sebuah dropdown menu yang keren. Bukan hanya sekedar menampilkan submenu saja, tetapi menampilkan juga 4 judul berita terbaru dari menu (kanal) yang dipilih, tanpa harus meload seluruh halaman web. Fitur tersebut sangat membantu saat mau menjelajah kanal-kanal berita yang ada di suara.com.

Untuk menu pada tampilan mobile : 


Desain menu suara.com untuk tampilan mobile memang didesain sesuai kebutuhan mobile. Menu hanya disimbolkan dengan icon menu dibagian kiri atas halaman web, ini sangat menghemat ruang dalam layar. Menu seutuhnya akan muncul saat dibutuhkan saja, yaitu saat kita menyentuh icon tersebut. Mengusung konsep left push menu (semacam animasi untuk mendorong halaman utama dari sebelah kiri) menjadikan menu pada tampilan mobile suara.com terlihat modern.

(icon menu)

d. Tipografi

Mengatur teks sedemikan rupa agar mudah dibaca, adalah pengertian sederhana dari tipografi. Untuk kasus suara.com, secara keseluruhan baik itu pada tampilan desktop atau mobile pengaturan teksnya sudah bagus atau mudah untuk dibaca. Saya suka dengan penggunaan font family Open Sans Regular sebagai font utama di suara.com, ukurannya juga pas tidak terlalu besar atau kecil. Font tersebut merupakan salah satu font favorit saya, dan digunakan juga pada blog ini.



3. Konten

Ada istilah mengatakan " content is king " atau dalam bahasa Indonesia "konten adalah raja". Istilah yang sangat tepat, karena sebuah web tanpa ada konten didalamnya sama dengan nol besar. Konten merupakan hal utama, untuk menarik orang mengunjungi sebuah web. Saat ini, konten web bisa berbentuk campuran antara berbagai elemen multimedia seperti teks/tulisan, gambar/foto, animasi, dan video. Selain itu, konten juga harus berkualitas dan berbeda dari web-web lainnya. Sebagai salah satu web portal berita yang ada di Indonesia, suara.com berfokus untuk menyajikan berita baik nasional maupun internasional dalam bentuk artikel menggunakan bahasa Indonesia. Setiap artikel yang ada di suara.com bisa berisi tulisan dan gambar, atau tulisan dan video. Salah satu unsur pembeda suara.com dari portal berita lain adalah adanya sub judul berita yang menjelaskan secara singkat isi berita, sub judul ini jarang saya temui di portal berita lain yang kebanyakkan hanya menampilkan judul dan isi berita saja. Untuk menarik komentar pembaca, tersedia fitur facebook comment di setiap artikel yang ditayangkan. Penggunaan facebook comment membuat saya dimudahkan dan tidak diribetkan ketika mau berkomentar. Sarannya, tetap pertahankan facebook comment dan tambahkan fitur jumlah tayang pada setiap artikel.
Suara.com mengkategorikan berita kedalam kanal-kanal, ada kanal News, Bisnis, Bola, Lifestyle, Entertaintment, Otomotif, Tekno, Multimedia, dan Your Say. Sebelum saya mereview kanal-kanal tersebut satu persatu, saya menyarankan adanya konsitensi penggunaan bahasa pada penamaan kanal. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, alangkah lebih baiknya jika semua kanal menggunakan nama dalam bahasa inggris atau jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, alangkan lebih baiknya jika semua kanal menggunakan nama dalam bahasa Indonesia. Berikut hasil review saya terhadap kanal-kanal suara.com.

a. Kanal News


Kanal News merupakan kanal yang menyajikan berita-berita terbaru baik nasional dan internasional. Dalam kanal news tersaji topik-topik hangat yang sedang ramai dibicarakan, misalnya tentang pemilu Presiden 2014. Kanal ini memiliki 4 sub kanal yaitu Internasional, Nasional, Sport, dan Metropolitan.

Sub Kanal Nasional

Menyajikan berita-berita terbaru dan ramai diperbincangkan dalam Negeri. Contohnya berita tentang koalisi pada pemilu Presiden 2014, untuk membaca beritanya klik pada tautan ini.

Sub Kanal Internasional

Menyajikan berita-berita terbaru dan ramai diperbincangkan di dunia Internasional atau luar Negeri. Contohnya berita tentang konfik politik di Thailand, untuk membaca beritanya klik pada tautan ini.

Sub Kanal Sport

Menyajikan berita-berita terbaru dari dunia olahraga baik itu nasional maupun internasional, kecuali berita sepak bola karena menjadi kanal utama di suara.com. Contohnya berita tentang motoGP Italia, untuk membaca beritanya klik pada tautan ini.

Sub Kanal Metropolitan

Menyajikan berita-berita terbaru dan ramai diperbincangkan di ibu kota Jakarta. Contohnya berita Gubernur Jakarta yang nonaktif sementara untuk maju dalam pemilu Presiden, baca beritanya pada tautan ini.

Saran untuk kanal News :

Untuk sub kanal Sport, lebih baik jika menjadi kanal tersendiri.

Saran penamaan kanal :

- Berita (ganti)

Saran penamaan sub kanal :

- Nasional, Internasional, Olahraga, Metropolitan (tetap)

b. Kanal Bisnis


Kanal bisnis merupakan kanal yang menyajikan informasi berupa berita terbaru dari dunia ekonomi dan bisnis baik Nasional maupun Internasional. Kanal ini memiliki 4 sub kanal yaitu Makro, Keuangan, Properti, dan Inspiratif .

Sub Kanal Makro

Menyajikan berita-berita terbaru mengenai perkembangan ekonomi makro. Contohnya berita kebijakan pemeritah tentang BBM, untuk membaca beritanya klik pada tautan ini.

Sub Kanal Keuangan

Menyajikan berita-berita mengenai perkembangan keuangan (finance). Contohnya berita tentang bursa efek indonesia, untuk membaca beritanya klik pada tautan ini.

Sub Kanal Properti

Menyajikan berita-berita mengenai perkembangan dunia properti. Contohnya berita tentang penjualan rumah yang menurun menjelang lebaran, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Inspiratif

Menyajikan informasi atau berita-berita insfiratif dari dunia ekonomi dan bisnis. Contohnya berita tentang kisah sukses pengusaha atau pebisnis, baca beritanya pada tautan ini.

Saran penamaan kanal :

- Bisnis (tetap)

Saran penamaan sub kanal :

- Makro, Keuangan, Properti, Inspiratif (tetap)

c. Kanal Bola


Kebanyakan orang, pasti suka bola. Suara.com menyajikan berita-berita perekembangan terbaru dunia bola baik nasional maupun internasional dalam kanal Bola. Suara.com menempatkan cabang olahraga bola menjadi kanal utama, berbeda dengan cabang olahraga lain. Kanal Bola juga memiliki sub kanal paling banyak dibanding dengan kanal yang lain, yaitu 10 sub kanal. Dari sini saya melihat, jika suara.com memang ingin menjadikan Bola sebagai salah satu kanal unggulan. Adapun 10 sub kanal dari kanal Bola adalah Liga Inggris, Liga Italia, Liga Indonesia, Liga Spanyol, Timnas, Sepakbola Dunia, Jadwal, Klasemen, Bolatainment, Top Skor.

Sub Kanal Liga Inggris

Menyajikan perkembangan terbaru dari kompetisi liga sepak bola divisi pertama di Inggris. Contohnya berita tentang perkembangan tim-tim liga Inggris, baca beritanya pada tautan ini. Ayo acungkan tangan, siapa pendukungnya Manchester City?, pendukungnya Liverpool?, pendukungnya Chelsea?. Dukung tim manapun kamu, ayo update perekembangannya di sub kanal Liga Inggris suara.com.

Sub Kanal Liga Italia

Menyajikan perkembangan terbaru dari kompetisi liga sepak bola divisi pertama di Italia. Contohnya berita tentang pelatih AS Roma Rudi Garcia, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Liga Indonesia

Salah satu sub kanal favorit saya. Menyajikan perkembangan terbaru dari kompetisi liga sepak bola divisi pertama di Indonesia. Contohnya berita tentang Persib yang menaklukkan Gersik United, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Liga Spanyol

Menyajikan perkembangan terbaru dari kompetisi liga sepak bola divisi pertama di Spanyol. Contohnya berita tentang kedatangan pemain termahal di dunia, yang saat ini memperkuat Real Madrid Gareth Bale akan datang ke Indonesia, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Timnas

Menyajikan perkembangan terbaru dari tim Nasional Indonesia. Contohnya berita tentang pertandingan Indonesia U-19 melawan lebanon yang berakhir seri, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Sepakbola Dunia

Menyajikan perkembangan terbaru dari kompotisi sepak bola internasional seperti piala dunia. Contohnya berita tentang penguman ke-23 pemain Uruguay untuk Piala Dunia, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Jadwal

Menyajikan informasi mengenai jadwal-jadwal pertandingan sepak bola seperti liga Inggris, liga Italia, liga Indonesia, liga Spanyol, piala dunia. Contohnya berita jadwal pertandingan terakhir liga Spanyol, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Klasemen

Menyajikan informasi mengenai hasil pertandingan dan klasemen dari liga Inggris, liga Italia, liga Indonesia, liga Spanyol, piala dunia. Contohnya berita hasil pertandingan dan klasemen akhir liga Spanyol, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Bolataintment

Menyajikan informasi seputar kehidupan atau gosip dari pemain sepak bola baik nasional maupun internasional. Contohnya berita seperti anaknya legenda sepak bola Brasil yang masuk penjara, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Top Skor

Menyajikan informasi tentang perolehan gol terbanyak di liga Inggris, liga Italia, liga Indonesia, liga Spanyol, piala dunia. Contohnya berita tentang top skor liga indonesia, baca beritanya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Bola :

Saat membuka halaman kanal Bola, lebih bagus jika ada bagian yang langsung menampilkan tabel berisi klasemen dan top skor dari setiap liga. Kemudian, untuk artikel yang berisi klasemen dan top skor tolong dirapihkan kembali cara penulisan artikelnya, gunakan html tabel untuk menampilkan klasemen atau top skor, agar terlihat lebih indah dan mudah dibaca.

Saran penamaan kanal :

- Bola (tetap)

Saran penamaan sub kanal :

- Liga Inggris, Liga Italia, Liga Indonesia, Liga Spanyol, Timnas, Sepakbola Dunia, Jadwal, Klasemen, Bolatainment, Top Skor (tetap)

d. Kanal Lifestyle


Kanal ini berisi informasi seputar gaya hidup. Kanal ini memiliki 6 sub kanal yaitu, Male, Female, Love & Sex, Food & Travel, Health, Komunitas.

Sub Kanal Male

Menyajikan informasi bermanfaat untuk kaum lelaki. Contohnya Informasi tentang mitos kebotakkan pada lelaki, baca artikelnya pada tautan ini.

Sub Kanal Femal

Menyajiikan informasi bermanfaat untuk para wanita. Contohnya tips tentang cara memilih pelembab, baca artikelnya pada tautan ini.

Sub Kanal Love & Sex

Menyajikan informasi bermanfaat untuk keharmonisan hubungan suami istri. Contohnya informasi tentang penelitian yang menyebutkan bahwa emosi perempuan yang lebih menentukan kebahagian dalam perkawinan, baca artikelnya pada tautan ini.

Sub Kanal Food & Travel

Menyajikan informasi bermanfaat seputar makanan dan tempat wisata. Contohnya informasi hotel yang terbuat dari garam, baca artikelnya pada tautan ini.

Sub Kanal Helath

Menyajikan informasi bermanfaat seputar kesehatan. Contohnya informasi tentang khasiat teh hijau, baca artikelnya pada tautan ini.

Sub Kanal Komunitas

Menyajikan informasi atau berita dari komunitas masyarakat. Contohnya informasi tentang tradisi suku Dayak, baca artikelnya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Lifestyle

Mempertimbangkan penggantian nama kanal dan sub kanal, menjadi bahasa Indonesia secara keseluruhan.

Saran penamaan kanal :

- Gaya Hidup (ganti)

Saran penamaan sub kanal :

- Lelaki, Wanita, Cinta & Seks, Makanan & Wisata, Kesehatan, Komunitas (ganti)

e. Kanal Entertainment


Kanal Enterntainment berisi informasi atau berita dari dunia hiburan seperti film, berita kehidupan para selebriti, dan musik. Kanal ini memiliki 3 sub kanal yaitu Film, Gosip, Music.

Sub Kanal Film

Menyajikan informasi atau berita seputar dunia perfilman baik nasional maupun internasional. Contohnya berita yang menempatkan film Star Wars: Empire Strikes Back sebagai film terbaik sepanjang masa, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Gosip

Menyajikan informasi atau berita seputar kehidupan para selebriti baik nasional maupun internasional. Contohnya berita Syahrini yang buka usaha karaoke, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Music

Menyajikan informasi atau berita dari dunia musik baik nasional maupun internasional. Contohnya berita Sheila On 7 yang siap luncurkan album baru, baca beritanya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Entertainment :

Pertimbangkan untuk penggantian nama kanal dan sub kanal dengan bahasa Indonesia. Untuk nama sub kanal Gosip, alangkah lebih baiknya jika diganti dengan nama Seleb. Karena, kata gosip itu kerap mendapat konotasi negatif. Padahal saya yakin suara.com ingin menyajikan informasi yang mengispirasi dari kehidupan para selebriti.

Saran untuk penamaan kanal :

- Hiburan

Saran untuk penamaan sub kanal :

- Film, Seleb (ganti), Musik


f. Kanal Otomotif


Kanal Otomotif berisi informasi seputar dunia otomotif baik motor ataupun mobil. Kanal Otomotif memiliki 3 sub kanal yaitu Mobil, Motor, Autoseleb. Sub Kanal Mobil Menyajikan berita atau informasi seputar perkembangan mobil. Contohnya berita tentang tren mobil listrik, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Motor

Menyajikan berita atau informasi seputar perkembangan sepeda motor. Contohnya informasi tentang konsep sepeda motor listrik dari Yamaha, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Autoseleb

Menyajikan informasi atau berita seputar otomotif para selebriti baik nasional maupun internasional. Contohnya berita tentang mobil-mobil keren personel One Direction, baca beritanya pada tautan ini.

Saran penamaan kanal :

- Otomotif (tetap)

Saran penamaan sub kanal :

- Mobil, Motor, Otoseleb (ganti)


f. Kanal Tekno


Berita yang banyak saya cari dari internet, adalah berita tentang teknologi terbaru terutama dibidang teknologi informasi. Suara.com memiliki kanal Tekno untuk memberikan informasi seputar perkembangan teknologi terbaru di dunia. Kanal ini memiliki 4 sub kanal yaitu Sains, Tekno, Gadget, Internet.

Sub Kanal Sains

Menyajikan informasi seputar perkembangan dunia ilmu pengetahuan. Contohnya berita yang membahas tentang otak seorang Albert Einstein, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Tekno

Menyajikan informasi seputar perkembangan teknologi terbaru. Contohnya berita tentang teknologi mobil otomatis dari Google dan Intel, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Gadget

Menyajikan informasi seputar perkembangan gadget-gadget terbaru. Contohnya berita tentang isu Iphone 6 yang akan segera diluncurkan, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Internet

Mennyajikan informasi seputar perkembangan dunia internet. Contohnya berita tentang video Gangnam Style yang ditonton 2 miliar orang di Youtube, baca beritanya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Tekno :

Saya melihat ada penamaan kanal dan sub kanal yang menggunakan nama yang sama yaitu tekno. Coba dipetimbangkan untuk mengganti salah satunya dengan nama lain. Selain itu, tolong dirapihkan kembali pengelompokkan berita kedalam sub kanal, jangan sampai yang harusnya berita ada di sub kanal A tapi ada di sub kanal B. Contohnya berita yang ada di sub kanal tekno dengan judul Indonesia, Pasar Twitter Terbesar Keempat di Dunia , menurut saya berita ini harusnya ada di sub kanal internet.

Saran untuk penamaan kanal :

- Tekno (tetap)

Saran untuk penamaan sub kanal :

- Sains, Teknologi Terbaru, Gadget, Internet


g. Kanal Multimedia


Kanal Multimedia berisi informasi atau berita dalam bentuk multimedia ada foto dan video. Kanal ini memiliki sub kanal Photo dan Video. Selain itu, ada juga video hightlight bola eksklusif dari ballball Indonesia.

SubKanal Photo

Menyajikan informasi berupa foto. Contonya foto pasangan Capres dan Cawapres, lihat fotonya pada tautan ini.

Sub Kanal Video

Menyajikan informasi berupa video. Contohnya video Spanyol kalahkan Bolivia, lihat videonya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Multimedia :

Nama sub kanal Photo, dipertimbangkan untuk diganti menjadi Foto.

Saran penamaan kanal :

- Multimedia (tetap)

Saran penamaan sub kanal :

- Foto (ganti) , Video

h. Kanal Your Say


Kanal Your Say adala kanal untuk menampilkan berita atau informasi gaya hidup hasil kiriman masyarakat. Kanal ini bisa dikatakan sebagai kanal untuk jurnalisme warga (citizen jurnalism), tipe jurnalis ini memang sedang menjadi tren. Masyarakat atau pembaca dapat membantu dalam meliput atau menyampaikan fenomena yang terjadi disekitarnya. Kanal memiliki 2 sub kanal yaitu News dan Lifestyle.

Sub Kanal News

Menyajikan berita-berita yang dikirim oleh masyarakat atau pembaca. Contohnya berita atau informasi tentang seniman jalanan di Sydney, baca beritanya pada tautan ini.

Sub Kanal Lifestyle

Menyajikan informasi seputar gaya hidup yang dikirim oleh masyarakat atau pembaca. Contohnya informasi wisata kuliner es kelapa batok, baca beritanya pada tautan ini.

Saran untuk kanal Your Say :

Mempertimbangkan untuk mengganti nama kanal dan sub kanal dengan bahasa Indonesia. Karena kanal Your Say ini adalah kanal untuk jurnalisme warga, lebih baik jika terdapat membership (keanggotaan) khusus kanal ini, dimana setiap anggota kanal Your Say dapat mengupload berita baik berupa tulisan, foto, atau video. Dan tetap harus ada moderasi berita, untuk menyaring berita yang layak ditayangkan.

Saran penamaan kanal :

- Katamu (ganti)

Saran penamaan sub kanal :

- Berita (ganti) Gaya Hidup (ganti)

Kesimpulan

Dari hasil review yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja (kecepatan muat) dari suara.com terutama diperangkat mobile harus perlu dioptimalkan, tampilan suara.com secara keseluruhan sudah baik dan enak untuk dipandang, konten suara.com sudah cukup banyak, up to date, dan memiliki nilai pembeda. Adapun untuk saran-saran yang telah diutarakan diatas, agar dipertimbangkan untuk diterapkan.
Sekian review dari saya, semoga bermanfaat.


Tagline : 

Ada Untuk Indonesia


(ilustrasi logo dan tagline)

Alasan memilih tagline tersebut :
Saat menjelajah web lomba.suara.com, saya melihat pada halaman utama terdapat pengantar yang menyatakan bahwa " suara.com lahir dari kepedulian pencetusnya untuk menyediakan informasi penting dan menarik bagi masyarakat Indonesia ". Dari sanalah saya terinspirasi untuk membuat tagline suara.com Ada Untuk Indonesia. Artinya, keberadaan suara.com, keberadaan informasi-informasi didalamnya, memang didedikasikan untuk masyarakat Indonesia. Saya rasa, tagline ini cocok dan sejalan dengan tujuan dari sang pencetus suara.com.
Terimakasih.













Komentar

Posting Komentar

Silahkan cantumkan komentar anda mengenai Postingan 3ke4 ini

Postingan populer dari blog ini

Kamera Digital Sebagai Aplikasi Dari "Digital Signal Processing"

Microphone High Quality dengan DSP (Digital Signal Processor)